Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cloud Hosting Indonesia

Download Ebook Cara Setting Routing OSPF Di Cisco Paket Tracer

Ebook Tutorial Setting Routing OSPF Di Cisco Paket Tracer - Sebelum kalian melakukan setting routing OSPF Di Cisco pastikan kalian sudah memahami dan sudah bisa melakukan routing dasar seperti routing antara 2 router atau 3 router atau bahkan lebih.

Sebelum kalian melakukan ada baiknya kalian harus mengetahui apa itu routing OSPF walaupun sedikit, oke routing OSPF itu adalah sebuah protokol jaringan routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga dan mengatur serta mendistribusikan suatu informasi routing antara network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinanis. 


OSPF Termasuk didalam kategori IGP (Interior Gateway Protocol) yang dimana merupakan kemampuan link-state dan memiliki algoritma djikstra yang jauh lebih efisien dibandingkan dengan protokol IGP lainnya. OSPF beroperasi menggunakan protocol sendiri yaitu portokol 89.

Bagaimana cara kerja pada routing OSPF?

Gambaran untuk Bagaimana Cara kerja routing OSPF antara lain:  

Pada setiap router membuat Link State Pakcet, kemudian LSP atau Link State Packet itu di distribusikan ke semua neighbour menggunakan Link State Advertisement type 1 dan menentukan DR dan BDR dalam 1 area.

lalu, pada setiap masing-masing router menghitung jalur terpendek (Shortest path) ke semua neighbour berdasarkan cost routing.

Jika terjadi suatu perbedaan atau perubahan tabel routing, maka router akan mengirimkan LSP ke DR dan BDR melalui multicast 224.0.0.6, LSP akan didistribusikan oleh DR ke router neighbour lain dalam 1 area sehingga semua router neighbour akan melakukan perhitungan ulang jalur terpendek.

Semoga kalian dapat paham dengan penjelasan singkat tentang OSPF, selanjutnya saya ingin membagikan ebook bagaimana untuk setting routing OSPF ini.


Download ebook Routing OSPF part 1 - 5
Download

Post a Comment for "Download Ebook Cara Setting Routing OSPF Di Cisco Paket Tracer"